Profil Madrasah Aliyah Pesantren Modern Al Barokah

Silinduk, 25 April 2021

MADRASAH ALIYAH PESANTREN MODERN AL BAROKAH adalah salah satu Madrasah jenjang Aliyah yang ada di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Dengan akreditas A (Unggul), Madrasah Aliyah Al Barokah mempunyai Visi dan Misi Visi melahirkan Santri yang Berakhlakul Karimah, Cerdas, Terampil, memiliki Jiwa Kewirausahaan, misi yang antara lain bahwa lulusan santri MAS Al Barokah dapat bersaing masuk perguruan tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Timur Tengah.

“untuk Mendukung Program di Atas, Sudah disiapkan Program Bimbingan Intensif Belajar Persiapan Masuk PTN dan Timur Tengah.”

Ujar Kepala Madrasah Aliyah Al Barokah M. SYAFI’I SARAGIH, M.A. ketika ditemui di kantornya. Menurutnya, saat ini dua target di atas, menjadi prioritas utama yang akan dicapai sebagai indikator kualitas MAS Al Barokah Simalungun.

Terhitung sejak tahun 2018, sudah ada sudah ada 28 santri yang lulus perguruan Tinggi Negeri Umum/ Agama/  Kedinasan/ PNS yang ada di Sumatera dan Jawa. 7 orang kuliah di Perguruan Tinggi Timur Tengah Al Azhar University Mesir, dan selebihnya masuk PT swasta Sekolah Kedinasan dan PNS.

Untuk lulusan yang ke Mesir, tahun ini ada tiga santri yang sedang bimbingan, menurut Ust. H. M. SYARIF RITONGA, Lc, M.H.I. yang memang jebolan Al Azhar Mesir, selaku Kepala Bidang Pengasuhan, bahwa peluang untuk lolos cukup besar. “Kami berharap bahwa ke depannya semakin banyak santri yang berminat dan kuliah di Al Azhar University Cairo”, ujarya.

Selain target di atas, para santri akan dibekali kemampuan atau skill praktek keagamaan yang dibutuhkan masyarakat luas, seperti imam sholat, khutbah Jum’at, imam shalat mayyit dan lainnya. “Apapun profesi santri di masyarakat kelak, apakah pengusaha, akademisi, paramedis, teknokrat, pejabat, dan sebagainya, mereka harus siap menjadi pemimpin keagamaan di tengah-tengah masyarakat lingkungannya, sehingga bisa memberi warna religius di masyarakat”, demikian papar M. Syafii Saragih.

Artikel Menarik Lainnya  Santri Al Kautsar Sabet 5 Penghargaan Kompetisi Sains Masrasah Tingkat Kabupaten

Selain bekal di atas, santri tingkat Aliyah teutama yang berminat untuk menjadi hafiz Al-Qur’an, juga ada program khusus Tahfiz yang ada di lingkungan pesantren dan juga bekerjasama dengan HCI (Huffaz Center Indonesia) Medan. Sampai hari ini sudah ada lebih kurang 15 santri dan lulusan Aliyah Pesantren Al Barokah yang sudah hafal 30 juz dan bersertifikat resmi. Demikian dijelaskan Ust. ABDUL SOMAT S.Pd.I., selaku Pimpinan Pesantren yang menaungi di dalamnya, Madrasah Aliyah Al Barokah, ketika ditemui oleh Tim adabika.

Untuk kemampuan lapangan, santri Aliyah dibekali kemampuan analisis lapangan lewat program Learning and Traveling yang sudah dilakukan beberapa kali sejak tahun 2018. Antara lain ke Dinas Kehutanan Aek Nauli Kab. Simalungun, pabrik Sari Roti Tanjung Morawa, Pabrik Roti Kacang Hj. Ellya Lubis tebing Tinggi, PT. Inalum Indra Pura, Budidaya Tanaman Adnium Medan, dan beberapa tempat lainnya. Menurut Kepala Madrasah, ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan santri dalam bidang survey lapangan, pengetahuan umum, teamwork, berbicara, dan banyak lainnya.

Sampai sejauh ini, Madrasah Aliyah terus berbenah meningkatkan mutu dan kualitasnya agar benar-benar menjadi madrasah idaman terutama untuk para santri tingkat Tsanawiyah yang nyantri di pesantren Modern Al Barokah. Bekerjasama dengan seluruh jajaran tenaga pendidik dan staff. Terutama dengan Kepala MTs Ust. AMAM HIDAYAT, S.H.I., S.Pd.

(Sys)

MUHAMMAD SYAFII SARAGIH

Saya Guru dan Dosen, suka Menulis dan Meneliti, sudah Menulis beberapa buku yang terbit di penerbit Mayor. dan mengisi pelatihan baik umum maupun mahasiswa. KontaK Person: 0852 6194 1878

3 thoughts on “Profil Madrasah Aliyah Pesantren Modern Al Barokah

  • 26/04/2021 at 12:36
    Permalink

    Sukses terus buat MAS Al Barokah..👍

    Reply
  • 27/04/2021 at 12:16
    Permalink

    Semoga Al-Barokah maju dan jaya….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.