JADILAH BAGIAN DARI REZEKI ORANG LAIN

“Terimakasih banyak om,.. terimakasih banyak om..” ucap anak kecil umur enam tahunan itu dengan girangnya. Nampak dari raut wajah dan senyumnya yang sumringah. Padahal sebelumnya wajahya begitu lesu dan kusut sewaktu meminta uang dari samping pintu mobilku. awalnya aku enggan memberinya. Tapi entah kenapa tiba-tiba rasa iba menyelinap di hatiku, terbayang wajah anakku yang seumuran dengannya. “Sudah makan dek?” Tanyaku pelan. “Sudah om”, katanya lirih. Ia berlari dengan girangnya menembus barisan kenderaan yang sedang berhenti di lampu merah.
Kayak cerpen saja, padahal saya bukan mau nulis cerpen. Hehe..terus? Begini. Ada satu poin yang ingin saya tulis di sini. Terkadang kita terlalu banyak pertimbangan waktu mau memberi. Kalau mau memberi, beri saja, memberilah dengan hati, bukan dengan pikiran. Terkadang, bagi kita mungkin hal kecil tak seberapa, tapi bagi sebagian orang itu sesuatu yang sangat berharga.
Di satu kesempatan di ruang kelas, seorang mahasiswa bilang sama saya, “pak, justeru yang kita beri sedekah itu ternyata bisa lebih kaya dari kita dan bisa bangun rumah dari hasil mengemisnya”, saya jawab begini, “berbahagialah anda karena Allah telah memberikan rezeki kepada mereka melalui anda, berbahagialah anda karena anda menjadi sebab kebahagiaan orang lain, berbahagialah anda karena tidak semua orang terpilih menjadi bagian dari rezeki orang lain”.
Jadi, memberilah tanpa pikir panjang, karena saya khawatir melalui pikiran itulah sang penggoda abadi merasuk. Memberilah tanpa berpikir rugi karena barangkali merasa tertipu, karena Allah sudah siapkan suatu kejutan yang menanti. Memberilah sebanyak yang kau bisa, bukan yang penting memberi. Memberilah karena sesungguhnya yang kita miliki itupun adalah pemberian. Memberilah tanpa orang harus tau semua, karena nanti bisa jadi sia-sia, seperti debu di atas batu yang hilang karena hujan. Memberilah, dan teruslah memberi sehingga kau lupa kalau orang bahagia karenamu.

Artikel Menarik Lainnya  NILAI BELAJAR ITU NGGAK PENTING

Allahu A’lam
Sys okt 20

MUHAMMAD SYAFII SARAGIH

Saya Guru dan Dosen, suka Menulis dan Meneliti, sudah Menulis beberapa buku yang terbit di penerbit Mayor. dan mengisi pelatihan baik umum maupun mahasiswa. KontaK Person: 0852 6194 1878

Leave a Reply

Your email address will not be published.